Kalo Kita Nggak Dikasih Ujian, Kita Belajar Sabar Darimana?

Pernah nggak sih kalian curhat sama orang dengan emosi yang pengen luapkan karena kesel tapi malah jadinya nggak sesuai? Pasti pernah, kan? Bahkan, seringkali ketika kita curhat, aku terutama mengalami yang namanya dikomporin alias bukannya ditenangin tapi malah dibuat makin panas karena yah begitulah manusia kayaknya memang harus baku hantam biar emosinya tersalurkan. Tapi nggak…

Staycation Bareng Keluarga di OYO Hotels 2028 Wisma Jepara

“Anak butuh Ibu yang bahagia”, katanya….

Rasa-rasanya setelah menjadi ibu, kalimat yang sering terdengar di telinga ini ingin kuiyakan beratus-ratus kali. Bukan lagi bener, udah bener banget ini mah kalau jadi Ibu itu harus jauh-jauh dari perasaan stress karena capek ngurus anak dan ngurus rumah. Nggak boleh mikir berat biar ASInya lancar kayak jalan tol.

Masih belum berubah, obat stress buatku nggak jauh-jauh dari kopi dan jalan-jalan. Seneng banget, stress kemarin dapat kopi sekaligus jalan-jalan dari mas. Ya emang cuma ke Jepara sih, tapi it means a lot for me. Mahal banget buat aku yang lagi butuh liburan.

Akhirnya nggak pakai lama, plan dadakan buat short escape ke Jepara akhirnya kelakon weekend minggu lalu sekalian mampir buat ngajakin Khaula earthing di pantai. Sebagai bentuk cinta kami kepada Khaula, sesampainya di pantai, aku melepas kaos kaki Khaula dan mengajak Khaula earthing.

Apa itu earthing? bahasa gampangnya menapak bumi kalau kata Mas @rezagunawan. Adalah ketika kulit tubuh kita (tidak harus telapak kaki) bersentuhan langsung dengan permukaan bumi alami (tanah, pasir, batu, rumput).

Meskipun Khaula belum bisa berjalan, kami ingin mengenalkan Khaula kepada bumi tempat ia berpijak nantinya. Kami ingin Khaula belajar mencintai bumi sedari dini. Selain itu, kegiatan earthing ternyata membawa banyak manfaat bagi bayi, seperti menormalkan ritme biologis dan detoksifikasi tubuh anak, merangsang saraf kaki, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur anak.

Plus plus banget, bisa liburan buat ngenalin bumi ke anak sekaligus bisa jadi obat stress Ibuknya. Bapak emang juara pokoknya! Liburan jadi kelakon meskipun cuma melipir 30 menit dari rumah dan cuma staycation di hotel sambil family time di weekend.

Aku Akan Selalu Jatuh Cinta Padamu

Kamu mungkin mengira aku terlalu banyak ikut campur dalam urusanmu; menanyaimu sedang apa sudah makan belum jangan tidur terlalu larut menyuruhmu segera istirahat dan segala ocehan lain yang entah apakah kamu merasa terganggu dengannya Tapi tenang saja, Aku tidak akan pernah peduli tentang bagaimana kamu Karena Aku akan selalu jatuh cinta padamu Dan Aku akan…

LDM Itu Berat

Kalau disuruh milih, deket sama suami tapi nggak bisa kemana-mana atau jauh dari suami tapi bisa kemana aja, aku bakalan milih opsi pertama.

Aku paling nggak bisa yang namanya ditinggal sendiri. Ya, meskipun terbiasa ngapa-ngapain sendiri, buatku, menikah itu untuk hidup berdua. Jadi, kalo tujuannya buat ditinggal doang, duh, bye, deh!

Memperjuangkan ASI, Memperjuangkan Khaula

Aku sudah melakukan cukup banyak hal demi bisa membuat ASIku mengucur deras. Mulai dari mengikuti mitos, seperti mandi dengan membasahi rambut setiap pagi, minum jus daun katuk tiap hari agar nutrisinya tidak hilang jika disayur, ke konselor ASI, makan telor setiap hari minimal 2-4 untuk menjaga kandungan protein dalam ASI, makan porsi sering minimal 3 kali sehari (aku jarang makan besar btw), makan ayam+telur+ikan+karbo+sayur dalam satu piring sekali makan, pumping ASI rutin setiap 2 jam sampai tidak bisa tidur nyenyak karena takut bablas, minum jamu wejah, makan sup daun kelor, dll dll dll.

Belajar Menjadi Ibu

Being mom is kinda exhausting. Capek. Beneran deh nggak boong. Nggak bisa dijelasin pake mulut. Karna kalo udah kecapean cuma butuh waktu buat istirahat aja udah. Meskipun ada drama marah-marah sama suami dikit. Ehe.

Menanti Khaula

Kami tidak mengira jika pada akhirnya kami harus benar-benar mempersiapkan diri untuk operasi. Terutama aku, yang sudah jauh-jauh waktu menanti dengan segala persiapan untuk melahirkan melalui proses pervaginaam.

Semuanya begitu mendadak. Semuanya begitu tidak terduga.

Ramadan Pertama dalam Kondisi Hamil

Tidak ada yang mengira bahwa aku akan hamil secepat ini, setelah menikah dan alhamdulillah langsung diberikan amanah. Tak terkecuali aku. Meski tidak menunda, namun aku benar-benar tidak menyangka bahwa tepat setelah menikah Allah berikan amanah yang luar biasa. Amanah yang bisa membuatku mengharu biru setiap harinya jika mengingat bagaimana rasanya sakit luar biasa menjadi seorang…

Menikah, Pencapaian yang Melegakan

Kehidupan setelah menikah itu tentang syukur, tentang menerima, tentang legowo tur ora maido alias nerimo ing pandum. Kalo suami meriang, ya istri yang ngerawat. Kalo istri yang meriang, ya suami yang ngerawat. Kalo mood salah satu lagi nggak bagus, ya yang satunya yang ngimbangin biar suasana jadi nggak canggung satu sama lain.

Mensyukuri Hal-Hal Kecil

Dan pagi ini, aku dikejutkan dengan LCD laptop yang tiba-tiba berubah menjadi mbleret eh mbleret ki opo si bahasane hahaha, pokoknya eror LCDnya ngehang dan hilang semua yang terlihat di layar. Tapi anehnya, audio yang kusetel dari Youtube masih menyala nyaring dan tidak menunjukkan gejala apapun.