Menikah, Pencapaian yang Melegakan

Dulu, aku seringkali meracau — membayangkan akan dengan siapa aku akan menikah nanti. Membayangkan baik dan buruknya, beserta segala ketakutan yang mengiringi di dalamnya. Hingga memunculkan begitu banyak pertanyaan yang sedikit banyak membuat ragu pun takut untuk menikah.

Akankah laki-laki baik yang akan mendampingiku kelak? Atau aku akan mendapatkan laki-laki biasa saja? Akankah kehidupan pasca menikahku akan menyenangkan atau justru malah menyedihkan? “Wallahu alam,” pikirku waktu itu.

Dan ternyata menikah nggak segampang itu. Kehidupan setelah menikah itu nggak seindah telenovela yang isinya cinta-cintaan melulu. Dramanya ada, sedihnya ada, senengnya juga banyak.

Kehidupan setelah menikah itu tentang syukur, tentang menerima, tentang legowo tur ora maido alias nerimo ing pandum. Kalo suami meriang, ya istri yang ngerawat. Kalo istri yang meriang, ya suami yang ngerawat. Kalo mood salah satu lagi nggak bagus, ya yang satunya yang ngimbangin biar suasana jadi nggak canggung satu sama lain.

Kalo lagi sama-sama bosen, ya ngobrol solusinya gimana. Nggak malah diem-dieman atau malah ngelakuin hal mudharat lainnya. Kuncinya komunikasi. Karena menikah itu butuh kesiapan. Nggak cuma soal uang, nggak cuma soal materi, menikah itu butuh kesiapan mental yang akan terus diuji sampe tua nanti.

Bersama-sama menuju ke arah baik, dari yang awalnya hanya berdua, jadi bertiga, berempat atau berlima. Dari yang punya banyak materi atau mungkin lagi nggak ada sama sekali duit. Dari liat pasangan pas lagi cantik-cantiknya atau ganteng-gantengnya sampe liat pasangan dengan parasnya yang lagi sakit dan nggak sempet cuci muka.

Menikah itu melegakan, sekaligus menguji keimanan. Maka jika belum siap, lebih baik fokus kepada mempersiapkan. Karena kelak tanggung jawab peran setelah menikah itu juga dihisab di hari dimana semua manusia dibangkitkan.

Selamat mempersiapkan! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s