Kunjungan Lapangan Bersama KemenkesRI ke Salatiga di Hari Kedua

Belum pernah terbayangkan sebelumnya melakukan kunjungan ke puskesmas sembari melihat langsung proses pengujian hama di laboratorium. Unbelievable dan luar biasa sekali sih yang jelas. Adalah aku dan teman-teman bloger kesehatan Indonesia yang telah beruntung untuk melakukan kunjungan lapangan bersama petinggi dari Kementrian Kesehatan RI.
Bersama 49 peserta lainnya yang berasal dari Jawa Tengah dan Jabodetabek, kami melakukan perjalanan bersama dengan mengendarai bus ke Salatiga. Puskesmas Sidorejo Kidul menjadi tempat tujuan pertama kami. Di sini, kami disambut dan dikenalkan dengan dunia pusat kesehatan masyarakat atau yang biasa disebut dengan puskesmas. 

Kami mendengarkan dengan saksama apa yang disampaikan oleh para pemateri yang datang. Beberapa diantaranya adalah:
  • Kasie Pencegahan Penyakit Tidak Menular, Dinkes Prov Jawa Tengah (Arvian Nevi, SKM, DEA) 
  • Kepala Dinkes Kota Semarang (dr. Widoyono, MPH) 
  • Ketua Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam (PAPDİ) DKİ Jakarta, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, KGEH 
  • Kepala Bag Hubungan Media & Lembaga (İndra Rizon, SKM, M.Kes)

Sungguh sebuah kehormatan bisa bertemu dengan beliau-beliau ini bagi aku. Biasanya makan micin, sekarang diajakin ke puskesmas dan dibekali beberapa materi yang mencerahkan tentang kesehatan. Jadi pengen stop micin-micinan. Yaaaa susah sih, tapi kan nggak ada salahnya nyoba ya, kan? Hahahaha

Dapat Banyak Insight Baru di B2P2VRP Salatiga

Kalau ditanya ada berapa jenis nyamuk dulu biasanya cuma jawab “ya, banyak. pokoknya nyamuk itu bikin gatel..” udah, gitu doang hahahha. Tapi, sejak datang ke Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Vektor Dan Reservoir Penyakit  di Salatiga baru sadar bahwa level micinku yang lumayan akut ini ternyata perlu dikurangi. Ada banyak banget jenis nyamuk, dan hewan-hewan lain yang aku belum tahu.
Ada nyamuk, ular, kelelawar hingga tikus yang diteliti dengan sungguh-sungguh oleh lembaga pemerintah ini. Nggak kebayang gimana cara ngumpulin nyamuk sampai beratus-ratus jumlahnya dan mengidentifikasi jenisnya satu persatu. Dan yang lebih mengesankan lagi adalah, foto dan detail keterangannya lengkap sekali. Lihatnya aja sih udah gatel kalo aku hahahha. Apalagi pas lihat tikusnya, iyuh geli banget dah pokoknya hahahah.

in frame: tanaman pengusir nyamuk

Tapi, dibalik kegelian itu semua, bisa sampai ke tempat ini itu bak anugrah buat aku. Jarang-jarang kan anak gunung main-main ke tempat penelitiann dan pengembangan kesehatan seperti ini. Alhamdulillah bangga bisa mewakili teman-teman bloger untuk ikut serta dalam acara. 
Jadi, jangan tanya seberapa serunya ikut kegiatan 2 hari full bersama bloger Jabodetabek dan Kemenkes RI. Super seruuuuuuuu pokoknya! Oh ya, menariknya, kami belum pernah saling jumpa sebelumnya, loh. Jadinya, acara dari Kemenkes pada temu Bloger Kesehatan ini juga  menjadi ajang kopdar bagi para bloger di Indonesia. Keren, kan? ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s